04/09/11

Harvard Kembali Menduduki Peringkat Teratas Universitas yang Paling Diperbincangkan di Internet

Universitas kondang asal Amerika Serikat, Harvard kembali menduduki peringkat teratas sebagai Universitas yang paling sering diperbincangkan semua kalangan pendidikan secara global melalui internet. Sebelumnya, universitas Harvard terpuruk, terakhir menempati peringkat puncak sebagai universitas ternama dunia yang sering didiskusikan adalah tahun 2008.

Mekanisme penilaian Harvard sebagai universitas yang paling sering diperbincangkan sehingga mampu mengalahkan 2 pesaing kuatnya, Northwestern University dan the University of California, Berkeley berdasarkan banyaknya kata atau frase yang sering disebutkan melalui pelacakkan lewat media sosial: facebook, twitter, juga melalui blog yang dibuktikan dengan mengeluarkan cetakan (printout) lebih dari 75 ribu lembar yang diambil dari pelbagai situs media elektronik. Harvard terakhir kali menduduki peringkat puncak sebagai universitas paling sering diperbincangkan pada 2008.

Beberapa tahun mengalami keterpurukan karena terjadinya resesi setempat dan krisis moneter yang panjang. Harvard kini sudah kembali berjaya dan melewati periode sulit," Penggunaan media sosial tidak bisa dipungkiri telah mendongkrak reputasi universitas Harvard. Ditambah lagi dengan beredarnya film "The Social Network." pada 2010 lalu. "The Social Network." yang bercerita tentang kesuksesan Mark Zuckerberg sebagai mahasiswa Harvard dalam melahirkan Facebook, sangat berdampak besar, serta kehadiran Presiden Amerika Serikat guna mengambil kelas hukum sebagai mahasisa Harvard dipastikan sangat membantu mendongkrak reputasi Harvard.

Berikut daftar teratas 10 Universitas yang paling sering diperbincangkan di internet:
1) Harvard University
2) Northwestern University
3) University of California, Berkeley
4) Columbia University
5) California Institute of Technology
6) Massachusetts Institute of Technology
7) Stanford University
8) University of Chicago
9) University of Texas, Austin
10) Cornell University

Ditenggarai hasil survey dilakukan setiap tahun diselenggarakan oleh suatu badan yang bernama Global Language Monitor. Pengumpulan datanya dengan melalui survey oleh beberapa institusi pendidikan yang bertugas mencatat jumlah kata atau frasa yang sering disebut baik melalui media sosial ataupun blog. Dan hasilnya diserahkan kepada badan di Amerika Serikat yang bernama US News & World Report. Selanjutnya, peringkat tersebut diumumkan secara global. []

Reaksi: