07/10/10

”The early bird catches the worm.”

Bisa jadi judul blog di atas tidak berarti apa-apa, namun saya yakinkan justru sebaliknya; penuh makna, petuah yang tegas tentang pagi hari. Ya, coba saja maknai secara harfiah, "Burung yang terbang di pagi hari lah yang akan memperoleh cacing." Waktu pagi sangatlah spesial, penuh dinamika dan yang paling penting...SEMANGAT! Silakan pergi ke luar rumah...lalu ambil nafas dalam2. Apa yang kita rasakan? Segar, udara yang segar belum terkontaminasi asap rokok, knalpot kendaraan, dan berbagai macam polusi yang biasa memenuhi pada aktifitas sehari-hari. Sehingga pagi hari sebagai simbol semangat, penuh gairah, segar dibarengi dengan penuh harapan dan rasa optimis.

Jangan jadikan waktu pagi waktu yang tidak ada harganya....dilalui dengan begitu saja. Tidur sebagai pilihan utama, sebab kita mengedepankan 'departemen malas'. Berikut, tips agar kita bisa membangun 'departemen semangat' sebagai modal kesuksesan;
1) Jangan membiasakan tidur larut malam, hilangkan kebiasaan lama, begadang. Waktu ideal tidur adalah jam maksimal jam 10 malam. Melebihi jam itu, J-A-N-G-A-N. Kalaupun tugas menumpuk pastikan jam 12 malam sudah beres. Jangan menunda-nunda pekerjaan.
2) Pastikan kita bisa bangun malam; untuk melaksanakan solat witir dan tahajud. Karena, nabi menjamin dengan bangun malam dan melaksanakan solat itu bisa menumbuhkan semangat dan sehat pada diri kita di pagi harinya. Sebaliknya, siapa saja yang tidak bisa melaksanakan bangun malam dan solat, maka akan merasakan perasaan buruk dan malas di pagi harinya.
3) Jangan melalaikan sembahyang subuh. Karena sudah solat malam sehingga solat subuhnya kesiangan, ini jangan sampai terjadi. Jangan dijadikan alasan, justru dengan membiasakan solat malam; solat subuh akan tepat waktu. Bisa karena biasa.
4) Jangan tidur (lagi) setelah solat subuh, manfaatkan waktu setelah solat dengan berdzikir, membaca alqur'an, [ atau nge-blog seperti saya : ) ], berolahraga, atau langsung berdagang.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudah bermanfaat.... sekali lagi "Burung yang terbang di pagi hari lah yang akan memperoleh cacing." <---> ”The early bird catches the worm.”

Waduh...di luar semakin terang. Si Salma sudah keluar dari mandi paginya, karena dia sekolah pagi. Ibunya, Risya sudah selesai masak di dapurnya. Sementara saya??? Belum mandi!!! Cabuuuuut....  []

Reaksi: