03/08/12

Ranomi Kromowidjojo Keturunan Jawa-Suriname

Dari Wikipedia disebutkan, Ranomi Kromowidjojo ialah perenang gaya bebas asal Belanda keturunan Jawa Suriname. Dia lahir pada 20 Agustus 1990 di Groningen. Kiprahnya di ajang Olimpiade telah dimulai sejak mengikuti Kejuaraan Renang Eropa 2006 di Budapest sebagai salah satu dari peserta estafet renang gaya bebas 4 x 100 m. Serangkaian prestasi diraihnya pada tahun-tahun selanjutnya - Ranomi Kromowidjojo memperoleh gelar juara dalam Kejuaraan Renang Jarak Pendek Eropa 2007, Kejuaraan Renang Eropa 2008, dan Kejuaraan Renang Jarak Pendek Dunia 2008 sebagai bagian anggota estafet gaya bebas Belanda.

Prestasi terbarunya di 2012, Ranomi Kromowidjojo berhasil meraih medali emas di Olimpiade 2012 London di nomor 100 meter gaya bebas putri. Perenang yang memiliki wajah ayu bak putri Jawa ini usianya baru menginjak 21 tahun, di Olimmpiade 2012 London doski berhasil membukukan waktu 53,00 detik, catatan waktu yang sekaligus merupakan rekor baru Olimpiade.

Ranomi Kromowidjojo

Dilansir dari PR Online - Ayah Ranomi berasal dari Suriname sementara kakek dan neneknya berasal dari Indonesia. Ranomi bergabung dengan tim renang Belanda ketika De Bruijn pensiun pada 2007.

TAHUKAH ANDA?
Ranomi merasa terhormat telah disejajarkan dengan perenang legendaris Belanda. Awalnya disebabkan keberhasilan Ranomi meraih emas di nomor 100 meter gaya bebas putri. Gebrakan itulah yang menjadi tradisi emas Belanda. Sejarah prestasi Belanda mencatat bahwa prestasi dunia renang pernah ditorehkan Hendrika Mastenbroek pada 1936 dan Inge de Bruijn pada 2000.

"Ini adalah kehormatan besar bagi saya, namaku disejajarkan dengan Mastenbroek dan De Bruin, De Bruijn adalah tokoh idolaku." ~ Ranomi Kromowidjojo 


Artikel dari wikipedia dan PR online | foto

Reaksi: